Senin
1. IPA
Hari jumat lalu, 3 hari sebelum ujian praktek hari pertama diadakan, kelas gue baru dapet kertas yang berisi materi yang akan diujipraktek-an. Kertas(s) ini ada 5 halaman, yang setiap halaman terdiri dari materi yang berbeda-beda. Mulai dari asam-basa-garam, pesawat sederhana, mikroskop, sistem eksresi, dan GGL induksi. Gue belom belajar pas hari H itu tiba.
Ketika temen gue pada ikut belajar, gue baru ikut belajar. Dari materi-materi diatas, ada satu yang paling males gue pelajarin, yaitu sistem eksresi. Kenapa? Soalnya di kertas(s) yang gue dapet dari guru itu, disuruh menyebutkan bagian-bagian dari organ sistem ekskresi. Seperti medula, korteks, kelenjar keringat, epidedemit or whatever.
Oh iya, setiap anak yang ikut ujian praktek IPA harus ngambil nomor secara acak, dan nomor itu akan menunjukkan ke materi yang akan diujikan. Karena ngacak, maka semua anak termasuk gue belajar semua materi yang akan diujikan. Pas nama gue dipanggil dan gue ngambil nomor, yang keluar adalah... nomor 2. Gue disuruh nyari meja nomor 2.
And.. luckily, gue dapet materi mikroskop. Cuma disuruh gambar apa yang gue liat dari mikroskop dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar mikroskop. Dan.. IPA pun selesai.
2. B. Indonesia
Dan.. pelajaran praktek ke dua muncul. Bahasa Indonesia, dan disuruh baca puisi. Goddamn.
Karena kata temen-temen gue disuruh hafalin puisi, sehari sebelumnya gue menghabiskan diri gue untuk menghafal puisi wajib (puisi yang harus dibaca) dan puisi pilihan (puisi yang harus dibaca tapi ada banyak puisi. Pilih salah satu). Tapi, hasilnya nihil.
Esoknya, anak-anak kelas 94 praktek Bahasa Indonesia di perpus, sedangkan perpus lumayan deket sama lab IPA, dimana gue praktek IPA. Temen-temen gue yang udah selesai praktek ngeliat atau nanya sama anak 94, dan katanya puisinya dibaca, bukan dihafalin.
Sontak gue gak seneng. Biasa aja. Toh tetep baca puisi. Kecuali kalo puisinya dibatalin.
Puisi wajib yang harus dibaca oleh SEMUA ANAK adalah kayak gini, judulnya 'Guruku pahlawanku' karangan Cindy Agustin:
Click to enlarge |
Gurunye bisa banget... pilih puisi yang panjang buat puisi wajib...
Gue pun tetep gak bisa nerima kenyataan buat baca puisi. Otot perut gue menegang setiap mendengar temen gue udah selesai praktek baca puisi. Karena itu artinya waktu untuk giliran gue semakin dekat. Shit.
Akhirnya nama gue dipanggil. Gue masuk ke dalam perpustakaan dan langsung berdiri di depan guru. Tiba-tiba..... guru itu bilang, "Hey! Absen dulu." Duh. Baru masuk aja udah melakukan suatu kesalahan yang kalo lupa bisa fatal. Kalo gue gak absen, bisa-bisa gue gak dianggap mengikuti ujian praktek ini..
Gue pun mulai membaca puisi, tanpa mengucap salam, tanpa sapa-sapaan dulu. Emang gue murid kurang ajar. Gue membaca puisi sambil menjinjit-jinjitkan kaki karena pantat gue menegang. Gue membaca puisi dan terpaku dengan kertas yang gue pegang, dan gak sedikit pun menatap wajah guru.
Setelah gue selesai baca puisi, perasaan lega muncul. Rasanya itu abis buang hajat kalo lagi kebelet berak. Di saat lega-leganya itu, gue masih berdiri di depan guru. Guru diem aja. Gue tengok kiri kanan kayak orang bego, guru tetep diem. "Udah nih bu?" tanya gue ke bu Bekti. "Udah. Sana keluar." katanya. Gue diusir. Tapi gak apa-apa, yang penting gue udah sukses baca puisi. Yeay!
Dan.. bahasa indonesia kelar.
UPDATE
SELASA
1. AGAMA (IBADAH)
No. Gue gak punya komentar apa-apa soal mapel ini.
2. SENI BUDAYA
This is it! This is the subject that'll makes you piss and shit! Sebenernya gue males banget nulis tentang mapel ini, tapi kalo gue gak nulis berarti kagak updet apa-apa dong..
Okey, kelas gue seni budaya dengan menyanyikan lagu wajib dan lagu daerah perkelompok. Kelompok gue yang terdiri dari bocah-bocah biadab (kecuali gue, gue keparat) tampak seperti boyband yang pake alat musik.
Menurut siswa 92 yang hari sebelumnya udah praktek seni budaya, katanya mereka gak ada yang nontonin, jadi mereka bisa selaw selama tampil.
Tapi, yang gue alamin ternyata terbalik. Ternyata rame banget yang masuk buat nontonin kelas gue tampil. Faaak!! Mana gue tampil terakhir!
Setelah mengambil giliran, ternyata kelompok gue tampil ke 5. Oke, gue gak mau menyia-nyiakan kesempatan ini buat latihan. Gue pake suling, Arya dan Udin pake pianika, Ibra dan Meno pake alat musik ritmis, sedangkan Agoy dan Alpian jadi
Setelah sukses menentukan nada, boom! Gue percaya diri. Gue juga udah pipis, jadi kemungkinan gue pipis di panggung kecil. Tapi, setelah kelompok dengan nomor urut 4 udah selesai tampil, ruang media yang dipake buat seni budaya itu rame dengan anak-anak kelas lain.
What?!? Ini tidak seperti testimoni yang digambarkan oleh anak kelas 92.
Kelompok gue tampil dan..... gue grogi parah.
Di lagu wajib, Hymne Guru, gue main alat musik suling. Sedangkan pas kicir-kicir gue nyanyi. Goddamn. Setelah hymne guru selesai semua tepuk tangan. Entah kenapa, perasaan gue gak enak. Mereka tepung tangannya maksa, atau gak ikhlas, atau biar gak garing suasananya?
Pas lagu daerah nih.... gue kan nyanyi, sedangkan suling gue pegangin. Satu-persatu anak keluar dari ruang media. Mungkin kuping mereka mulai bernanah, atau mungkin mulai muak dengan penampilan gue. Semua main alat musik, baik ritmis ataupun cuma kecrekan, kecuali gue. Ngeliat gue gak mainin alat musik, pak Lamiran, guru seni budaya yang menilai nyuruh gue, "Hey! Kamu joget dundz~!"
Gue ngeliat dia nyuruh gue, dan pura-pura mengalihkan perhatian. Gue tetep berdiri diem aja sambil nyanyi.
AAAAAAAAKU RAPOPO.
RABU
1. Olahbadan
Gue cuma ngelakuin lari keliling lapangan-yang-baru-dicat-dan-gak-ada-sponsornya-lagi, sit up 10x, senam lantai 3jenis, layup, dan passing bawah voli 10 kali. Nothing special today.
2. TIK
Ini apalagi. Gue gak ada semangat parah buat ngerjain praktek TIK gara-gara cuma disuruh ngetik bikin paragraf hasil copas. Mana keyboard 'gaming' (keyboard yang tombol A W S D nya warna merah sendiri, buat main game fps) yang dipake buat ngetik itu lebih parah daripada keyboard di warnet. Susah banget buat ngetik meeenn!!
KAMIS (lastday)
1. B. Inggris
Wew. Di mapel ini, murid kelas 9 di sekolah gue dikasih 3 options, dan mereka harus milih 2 pilihan buat ujian praktek bahasa inggris. 3 options itu adalah Reply a letter, make an advertising words + pic, dan description of famous people, animal, or etc.
Gue pilih reply a letter, dan description. Gue pikir murid-murid bikin surat dengan tema bebas dengan nama yang ngasal, contohnya cunge atau cengcorang. Tapi ternyata kita disuruh ngebales surat yang udah ditulis di soal. Untuk description, gue pilih mendeskripsikan famous people. Dan dia adalah Pewdiepie. Youtuber ranking 1.
2. Agama (hafalan surat & tajwid)
Kabarnya, banyak orang yang ngulang di subject ini. Gue juga gak mau gagal dan mau sukses. Testimoni banyak orang sih katanya gak serem-serem amat. Jadi gue juga gak takut-takut amat. Sebelum temen-temen gue masuk, mereka berunding dan hasil rundingannya adalah : Jangan sampai kita dapet surat Ad-Dhuha, dan jangan sampe Mad Jaiz Munfasil keluar.
Ketika gue masuk sambil mengucapkan salam, dan pakai celana tentunya, gue langsung duduk. Salah satu dari dua guru yang menjadi penilai, Bu Ina, bilang, "Kamu harus bisa lho, Hadi." "Iya bu. InsyaAllah." Gue makin optimis.
Ketika pilihan surat sedang di kocok, dan keluar, ternyata oh ternyata gue dapet Ad-Dhuha. Surat pendek yang ditakuti oleh anak-anak kelas 9. Gak tau kenapa tuh. Untungnya gue udah hafal surat ini dari SD. So there's no problem at all. Tapi masalah muncul ketika gue harus menebak tajwid yang disuguhkan di depan gue. Saking banyaknya, gue ngeblank. Kosong, dan hampir lupa. Untungnya, masih inget-inget dikit.
Dan akhirnya gue sukses! Wohoo!!! Ujian Praktek berakhir dengan dramatis~
I'm not gonna update this thing again. Its ended.
0 Tanggapan:
Post a Comment
Budayakan berkomentar yang baik yaa...
Jangan komentar yang menyakiti orang lain, menjelek-jelekan orang lain, SARA, dsb. Thanks buat perhatiannya!