Saturday, September 06, 2014

Ijazah comes faster than I thought.

Akhirnya hari ini dateng juga. Hari dimana gue dan temen-temen SMP gue tunggu. Hari ini grup Line SMP gue gak bakal bacot lagi karena ijazah yang belom dikasih-kasih. Karena hari ini...

Hari sabtu.


Hari pengambilan ijazah.

Gue ceritain beberapa hari, eh beberapa BULAN yang lalu, tepatnya 3 bulan yang lalu, gue inget banget itu bulan juni dan tanggal 6. Gue udah menjalani ujian nasional, dan dalam keadaan libur panjang. Beberapa hari kemudian pun diumumkan kalau satu angkatan gue lulus semua. Tetapi, kepsek gue bilang kalo 'ijazah belom turun.' jadi ijazah gak bisa dibagikan secepatnya.

Gue sih waktu itu belom mikirin ijazah amat. Yang penting gue lulus dan bisa tidur ngangkang sepuasnya dirumah.

Sampai dimana saat upacara kelulusan, kepsek gue masih bilang,'ijasah belom turun.' jadi belom bisa dibagikan secepetnya. Dia ngira-ngira 2 minggu lagi ijazah turun. Ngira-ngira.

Pikiran gue mulai terusik dengan ijazah bangsat ini. Gue bingung 'kenapa lama banget ini bangsat turunnya?'. Tapi hal yang mengusik pikiran gue itu hilang dengan cepat seiring waktu berjalan.

Sampai dimana gue bener-bener mikir,'Kapan sih si bangsat ini turun?' adalah pas tahun ajaran baru. Gue udah masuk SMA, tapi masih belom berijazah. Jadi gue adalah,'siswa sma bernyawa smp' karena ijazah belom turun.

Alesannya selalu sama. Belom turun terus. Hingga suatu saat pas lagi iseng gue googling 'ijazah smp', ada berita seger yang bilang ijazah baru turun.

Gila! Pemerintah ngapain aja sih?!?! Apa karena pemilu jadi setiap percetakan menunda mencetak ijazah dan lebih milih mencetak spanduk & banner buat kampanye? Lebih penting mana sih sebenernya? Kampanye untuk pemilu, atau ijazah untuk para murid yang 'katanya' tunas bangsa?

Lebih penting mana sih, antara pemilu dan ijazah? Gue membuat simulasi sederhana 'apa yang akan terjadi selanjutnya?' dengan memilih salah satu diantara 2 hal tersebut:

1. Kalo lebih penting pemilu, maka ijazah terhambat->pelajaran untuk siswa terhambat karena ijazah->kalo terhambat, siswa bisa gak dapet pelajaran->gadapet pelajaran gak bisa ulangan->gak ulangan, gak naik-> gak naik, bisa gak lulus->gak lulus SMA, susah kerja jaman sekarang-> susah kerja, nganggur->nganggur, hidup lo useless. Jadi inilah ending tragis karena pemilu.

2. Kalo lebih penting ijazah, maka spanduk terhambat->terjadi cekcok->yang bikin spanduk gondok->rusuh->tawuran antar warga->kalo terjadi secara nasional, bisa gaswat->tapi tetep aja salah satu calon pasti menang.

Jadi lebih penting mana, kampanya pemilu atau ijazah para 'tunas bangsa' ini?

Kalo kata gue sih dua-duanya penting.

Naah! Seminggu belakangan ini, gue baru masuk grup line angkatan smp gue, yang hampir TIAP MALEM ada yang chat,"Kapan cap 3 jari?" sampe bikin gondok.

Untungnya, ada berita sabtu cap 3 jari, sekalian ngambil buku tahunan. Yes! Gak bakal ada yang nanya 'kapan cap 3 jari' di grup lagi! Yess!

Dan akhirnya gue udah ngambil ijazah, daan sekalian buku tahunan sekolah.

Hal bangsat banyak terjadi di buku tahunan sekolah smp gue. Banyak hal yang bikin gue ngakak abis. Bukan karena foto gue yang kayak orang ngobat atau wajah gue terlihat lebih putih dari aslinya, tapi karena kesan-kesan yang ditulis temen-temen gue itu so keren and so ngakak.

Tapi, dibalik semua itu, gue menemukan hal yang paling berguna dari buku tahunan gue itu. Gue akhirnya tau wajah semua anak angkatan gue. Bahkan ada yang pertama kali gue liat dari buku tahunan. Gue jadi tau semua muka anak unggulan. Wih.

Dats all for today pal. Still writin' for another one.

0 Tanggapan:

Post a Comment

Budayakan berkomentar yang baik yaa...
Jangan komentar yang menyakiti orang lain, menjelek-jelekan orang lain, SARA, dsb. Thanks buat perhatiannya!