Monday, September 08, 2014

Tipe-tipe siswa 'korban' Kurikulum 2013

Perkenalkan, nama gue hxxx. Gue adalah salah satu siswa dari sekian ribu siswa lain yang menjadi 'korban' dari kurikulum 2013. Kurikulum baru yang pembagian bukunya aja belum merata. Maunya apa sih?



Jujur, gue kurang setuju dengan kurikulum ini. Karena, yang dulunya 1 subjek pelajaran dalam satu minggu itu bisa 2 kali, tapi karena kurikulum yang 'mutakhir' ini pelajaran yang seminggu dua kali itu dijadiin seminggu sekali. Waktunya pun digabungin. Mabok deh.

Emang sih tujuan mereka yang 'ngebuat' kurikulum ini pengen membuat pendidikan di Indonesia itu 'lebih' maju.

MAJU? NENEK MU KAYANG.

Suruh deh orang-orang yang ngebuat kurikulum itu ikut sehari aja pelajaran di kurikulum 2013. Gak yakin mereka masih bisa bilang,'kurikulum 2013 itu udah cocok buat siswa di Indonesia.'

Berikut adalah beberapa tipe-tipe siswa yang 'kena' kurikulum 2013 :

1. 'Selalu bilang lelah' student.

Tipe ini banyak dijumpai bagi mereka yang aktif di sosmed dan bisa dibilang 'gahol'. Mereka gak bisa beradaptasi dengan jumlah jam per pelajaran yang bikin mimisan. Tipe ini kadang atau selalu mengungkapkan rasa lelahnya terhadap kurikulum 2013 di sosmednya, dan bilang berbagai macam hal untuk mengekspresikan lelahnya.

Contoh:

"Ehanjir capek banget gue."
"Kurikulum 2013 bikin lelah! Gak kayak apa yang dibilang di TV edu!"
"Capek 2themax. #lelah #latepost"

2.'Lelah tapi cuma nyebutin satu subjek' student

Ini hampir sama kayak point yang pertama cuma lebih spesifik. Kalo misalnya yang pertama tadi itu dia lelah terhadap kurikulum 2013 secara keseluruhan, tapi yang ini cuma lelah terhadap 1 mata pelajaran.

Karena hampir sama dengan yang awal, yaa berarti sama-sama ngeshare di sosmed dong...

Contoh :

"Sejarah... membuatku gerah... udelku memerah... terasa bergairah..."
"Anjeeeerrrr math bikin mimisan dari pantat!!"
"Fisika. *emotsedih5kali*"
"Pernahkah kau lihaat... terkadang malaikaaaat"

Loh?

3. 'Gak bisa moveon' student

Wowow. Gak bisa moveon bukan berarti gakbisa moveon dari gebet atau mantan....

Tapi yang gue maksud adalah gak bisa moveon dari kurikulum yang lama. Kenapa? Logikanya, gak bisa moveon adalah karena yang lama itu 'lebih' dari pada yang 'baru'. Kadang yang baru pun gak ada, jadi gak bisa moveon dari yang lama.

Mereka kangen kebebasan, seperti di kurikulum lama. Kurikulum sekarang membuat mereka merasa 'terpenjara' daripada yang lama. Kadang ada siswa yang 'udah bisa moveon' malah nganggep sekolah itu rumah pertama, rumah itu rumah kedua.

Ini serius loh. Gue pernah ngerasain soalnya.

Contoh-contoh murid yang gak bisa moveon:

"Aku kangen kamu........



Kurikulum 2006"
"Kenapa harus kamu yang diganti?! Kenapa bukan menteri pendidikannya aja?!?!? Oh ktsp 2006..."

3. 'PR itu typo. Harusnya PS' student

Tau PS itu apa? Pekerjaan Sekolah. Jadi pr itu sebenernya adalah tugas yang diberikan oleh guru di sekolah, dan harus dikerjakan di sekolah juga.

Biasanya murid yang kayak gini itu udah pasrah dengan nasibnya karena kurikulum 2013. Mereka udah gak peduli lagi soal ngerjain pr dirumah.

Biasanya, siswa tipe yang kayak gini tuh suka ngerjain pr disekolah. Ciri-ciri siswa yang kayak gini itu:

1. Dateng pagi. Jangan salah. Bukan berarti mereka dateng pagi buat beresin kelas atau bantu ngepel lantai. Mereka dateng pagi itu buat ngerjain pr.
2. Selalu jawab 'belom' pas ditanya 'udah ngerjain pr belom?' oleh orang lain. Gue sering nanya orang kayak gini dari dulu. Tapi, kebanyakan jawaban mereka itu "Belom" atau "Udahh. Tapi baru nulis soal doang."
3. Antara ada dan tiada. Biasanya mereka bisa ngilang.

Loh?

4. 'Selalu ketinggalan barang di kolong meja' student

Tipe ini agak mirip kayak siswa nomer 3, tapi alesannya beda. Alesan mereka adalah : ketinggalan di kolong meja.

Gue bingung sama orang yang kayak gini. Menurut gue, orang yang kayak gini itu gak mau repot (orang mana yang mau repot jaman sekarang...). Yang ditinggalin di kolong meja itu biasanya buku pelajaran yang tebelnya minta duit.

Suatu hari yang cerah, di salah satu grup di friendster ada percakapan,"Eh ada yang udah ngerjain pr belom??" kata salah satu anggota grup. "Belom","Lagi ngerjain", "Gue lagi gak dirumah", "Pembantu gue lagi diluar kota", dan "Pr gue dimakan anjing". Itulah balasan dari anggota grup yang lain.

Alasan-alasan mereka masih bisa dibilang masuk akal, terutama yang dimakan anjing. Mana ada anjing yang makan kertas yang isinya pr.

Salah satu anggota grup tiba-tiba ikutan ngebales,"Oh iyaaa buku gue ketinggalan di kolong mejaaa".  Anggota grup lain pun langsung bilang "Bodo amat. Mampus lo besok kan pelajaran pak Kusir. Dipecut lo ntar kalo gak ngerjain pr.". Si anggota grup yang prnya ketinggalan pun panik sendiri. Dia kejang-kejang ditambah epilepsi secara tiba-tiba.

Dari cerita diatas, bisa disimpulkan kalo prnya ketinggalan di kolong meja, gak enak banget. Rasanya pengen gigit sikut sendiri, tapi gak nyampe.

Ruginya jadi siswa yang suka ninggalin barang di kolong meja, adalah besar kemungkinannya buku ilang. Rugi amat yaa buku ilang. Mager banget buat beli lagi deh..

Satu-satunya jalan untuk mengerjakan pr bagi orang yang kayak gini adalah dateng pagi-pagi dan ngerjain pr. Atau mungkin ngerjain di buku yang lain dulu, yang penting ngerjain pr.
Eh... itu ada dua jalan ya...

6. 'Gak tau jadwal & pr" student.

Menurut gue secara pribadi, siswa yang sampai hari ini masih nanya "Besok jadwalnya apaa yaa??" ke temennya itu adalah siswa yang gak tau diri. Dulu gue sering banget ditanyain kayak gini waktu smp, sampe gue muak. Gue akhirnya menyesatkan dia dengan ngasih jadwal yang salah.

Gantian dia yang muak.

Bertanya itu hal yang manusiawi, tapi kalo nanya jadwal tiap hari itu gak lucu juga kali.

Yang lebih parah dari lupa jadwal adalah lupa pr. Orang ini gak punya agenda, gak punya sosmed tapi gak juga punya usaha buat nanya ada pr atau nggak.

Pas sampe disekolah, pas ngeliat temen-temennya ngerjain pr di sekolah dia bilang,"Eh ada pr ya?"
Pengen banget dicolok matanya yah..

7. 'Serius' student

Tipe yang satu ini bisa dibilang anak yang serius banget. Serius dalam belajar, serius ngerjain pr, serius saat BAB dengan mengeluarkan suara beruang saat ngeden "HEEEKKK", bahkan saking seriusnya baca post ini gak sadar kalo dipost ini nomer limanya gak ada...

Gak usah diomongin panjang lebar deh. Udah tau serius itu gimana. Lagian serius udah bubar juga kan. Mereka adalah siswa yang bertahan hidup di kurikulum 2013.

8. 'Anak teladan kurikulum 2013' student

Dikutip dari sumber anak teladan itu sendiri,"Anak teladan itu... Biasanya sekali dikasih materi pas pulang sekolah langsung diulang lagi materinya, dikasih tugas langsung dikerjain walaupun waktu utk ngerjainnya 1 minggu, aktif kalo dikelas, nanya mulu kek pembantu baru, kalo ga ngerti materinya dia nangis #sekian"

Seperti yang bisa lo liat, anak yang kayak gini itu sangat menerima kurikulum 2013, baik dari segi postif maupun negatifnya.

Menurut gue, penerapan kurikulum 2013 di Indonesia ini kurang efektif. Banget. Mau se'mutakhir' apapun, kalo misalnya GAK berdampak banyak tapi malah ngebuat pro & kontra dari para murid, mending dicabut. Inget men, pendidikan di Indonesia itu masih tergolong rendah. Pelosok-pelosok daerah pun masih ada yang belom dapet pendidikan, tapi di kota-kota besar kurikulum udah gonta-ganti.

Balik lagi ke masalah awal. Gue adalah siswa yang sekolah di salah satu SMA di Jakarta. GUE SENDIRI BELOM DAPET SEMUA BUKU YANG GUE BUTUHIN BUAT BELAJAR. Ini seriusan. Gue jurusan ipa, tapi gue belom dapet semua buku jurusan peminatan gue, yaitu biologi, kimia, dan fisika. Gue dan kawan-kawan sejurusan pun harus beli buku karena buku yang kagak dateng-dateng itu bikin gondok.

Harapan gue kedepan adalah tolong, tolong banget kalo bikin kurikulum itu diperhatiin dari semua aspek. Tujuan sih bagus yaah, mau ngemajuin mutu pendidikan. Tapi apa siswanya siap?
Meh.

Mohon ngerti. Semua ini cuma opini gue aja. Semua orang berhak & bebas berpendapat kan? :))

Tolong banget. Ngertiin dong. Gimana mau dingertiin kalo gak bisa ngertiin? :))

Buat yang baca, makasih mau baca ocehan gue.
Buat bokap nyokap kalo baca ini, inilah realita hidup anakmu.
Buat temen-temen gue, makasih lo udah bertahan dari hasrat mual dari awal lo baca tulisan ini.
Buat Bagoes, silahkan pergi. Hehe.
Buat mentri pendidikan kalo baca aja yaaa, pak ikut kelas kita yukk!!!

Thanks buat baca.

Dats all.

8 comments:

  1. Gua setuju banget min .. Apalagi gua ditunjuk jadi km , parahnya 2x lipat. tugas yang satu selsai, nambah tugas lainya.. Mana banyak event" sekolah lah itu lah .. Wktu sama keluarga cuman hari minggu doang itu juga kalau gak ada kerja kelompok. Mana les kepake trus buat kerja kelompok dll.. Buku kurtilas blum kebagian semua. Gua ngerasa kita dijadiin tikus percobaan sama pemerintah kalo kayak gini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja ada sarana biar suara para murid yang jd korban ini didenger dan kurikulum ini diubah ya...

      Delete
  2. Emg sialan tu kurtilas, lom di sekolah w literaai baca buku wajib ama setiap hari kamis plg jam 3.30 gila....... emg skrg murid yg lebih cape dripada guru

    ReplyDelete
  3. Dan buku kurtilas gk selengkap ktsp, "katanya" biar murid aktif cari di internet katanya setelah gw liat2 buku kurtilas cmn kopasan dri blog..... itu penyusun bukunya males kli ya???? Tinggal nerima gaji??? Apalagi klo gw sering nyari diinternet ada notif2 chat gw jdi terpancing buat buka app yg lain bknnya fokus bljr....

    ReplyDelete
  4. Emg sialan tu kurtilas, lom di sekolah w literaai baca buku wajib ama setiap hari kamis plg jam 3.30 gila....... emg skrg murid yg lebih cape dripada guru

    ReplyDelete
  5. Dan buku kurtilas gk selengkap ktsp, "katanya" biar murid aktif cari di internet katanya setelah gw liat2 buku kurtilas cmn kopasan dri blog..... itu penyusun bukunya males kli ya???? Tinggal nerima gaji??? Apalagi klo gw sering nyari diinternet ada notif2 chat gw jdi terpancing buat buka app yg lain bknnya fokus bljr....

    ReplyDelete
  6. Dan buku kurtilas gk selengkap ktsp, "katanya" biar murid aktif cari di internet katanya setelah gw liat2 buku kurtilas cmn kopasan dri blog..... itu penyusun bukunya males kli ya???? Tinggal nerima gaji??? Apalagi klo gw sering nyari diinternet ada notif2 chat gw jdi terpancing buat buka app yg lain bknnya fokus bljr....

    ReplyDelete
  7. Kurikulum 2013 sangat menyiksa, pulang lama banget, sampai jam 4, coba klo sedangkan ktsp, palingan pulangnya jam 1, paling lama jam 2 atau setengah 3an

    ReplyDelete

Budayakan berkomentar yang baik yaa...
Jangan komentar yang menyakiti orang lain, menjelek-jelekan orang lain, SARA, dsb. Thanks buat perhatiannya!